Siapakah Salafush Sholeh yang Sejati?

Mungkin di antara kita beranya, setidaknya dalam pikiran dan hatinya, siapa sebenarnya Salafush Sholeh yang sejati?

Kita tentu sepakat untuk mengikuti dan merujuk kepada Shalafush Sholeh dalam hal pemahaman, sikap dan perbuatan. Yakni mereka Shalafush Sholeh yang tidak ada perbedaan pendapat di antara mereka, apalagi perselisihan, saling mencerca dan membunuh di antara mereka. Jika faktanya dalam sejarah mereka seperti itu, tentu membingungkan kita, harus mengikuti yang mana di antara mereka?

Jika semua sahabat Nabi SAW yang mesti kita jadikan shalafush sholeh yang harus kita ikuti. Sejarah memberi tahu kita, di antara mereka saling berbeda pendapat, bahkan saling mencerca dan membunuh. Yang mana di antara mereka yang harus kita ikuti? Demikian juga Tabi’in dan tabi’it tabi’ain, di antara mereka saling berbeda pendapat yang cukup tajam, baik dalam akidah maupun fiqih.

Mari kita sharing pendapat di sini, siapa Shalafus Sholeh yang tidak berselisih pendapat, bahkan di antara mereka saling menguatkan satu sama yang lain? Apalagi saling saling mencerca dan saling membunuh. Itu tidak pernah terjadi di antara mereka, mereka satu kesatuan dalam beragama, aqidah, hukum, akhlaq, dan lainnya.

Mengkritisi Pemahaman tentang Salafush Sholeh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s