Peran Arab Saudi dalam Membentuk Taliban Pakistan

SHABESTAN — Salah satu bentuk aliran keras di Pakistan adalah sebuah kelompok yang menamakan diri dengan “Taliban Pakistan” atau “Tahrik Taliban Pakistan”. Secara umum, Taliban Pakistan ini beranggotakan suku Pashtu, sebagaimana Taliban Afghanistan. Mereka berdomisili di daerah barat daya Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan.

Tiga belas kubu Taliban yang berasal dari barat daya Pakistan ini berpayung di bawah satu atap bernama Tahrik Taliban Pakistan.

Pertanyaan yang muncul sekarang adalah apakah faktor yang telah menciptakan dan menyebarluaskan gerakan Taliban ini di Pakistan?

Sebagai jawaban atas pertanyaan ini, banyak aneka faktor internal, regional, dan internasional yang sangat berpengaruh dalam pembentukan gerakan garis keras ini. Tetapi, dalam tulisan ini, peran fundamental Arab Saudi dalam membentuk gerakan ini akan dikupas secara tuntas.

Aktifitas Arab Saudi untuk menyebarkan ajaran Wahabiah yang menggapai puncak keberhasilan pada masa perjuangan Afghanistan kala itu telah mempersiapkan lahan bagi aliran ini di Pakistan.

Pada masa ini, dengan bantuan dana yang berasal dari minyak, Arab Saudi mengirimkan bantuan finansial ke Afghanistan untuk dan membangun banyak sekolah yang setia menyebarkan ajaran Wahabiah di Pakistan.

Di samping khawatir terhadap perluasan daerah jajahan Rusia, Arab Saudi berusaha untuk memperkenalkan diri sebagai pemimpin umat Islam dunia dengan cara memberikan dukungan penuh terhadap kelompok-kelompok Islam di Pakistan. Dalam usaha yang bersamaan dengan kemenangan Revolusi Islam Iran ini, klaim Arab Saudi tersebut menghadapi ancaman serius. Al Sa’ud juga menyadari masalah ini. Demikian pula, dukungan Iran terhadap kelompok-kelompok Syiah di Afghanistan telah menyebabkan Arab Saudi harus memperlakukan Afghanistan sesuai dengan kebijakan mazhab dan ideologisnya menurut perkembangan Afghanistan yang ada kala itu.

Pada bulan Agustus 1989, dengan alasan memberikan bantuan pendidikan dan kemanusiaan kepada para pengungsi Afghanistan di daerah Baluchestan, Arab Saudi membangun banyak pusat bantuan sosial kemasyarakatan. Melalui bantuan finansial yang dikucurkan, mereka menyebarkan budaya dan ajaran anti-Syiah. Begitu pula, mereka mendidik para pengungsi Afghanistan di daerah ini melalui buku, pidato, film, kaset, dan foto-foto.

Dengan cara ini, Arab Saudi menyebarkan pemikiran Muhammad bin Abdulwahab di Pakistan. Ihsan Ilahi Zhahir yang telah mengenyam pendidikan di Arab Saudi dan dengan dana dari Saudi merupakan salah satu pion penting propaganda anti-Syiah dan telah menyebabkan pembantaian terhadap banyak pengikut Syiah di Pakistan dan negara-negara lain.

Dengan menelaah kebijakan universal Arab Saudi untuk daerah Asia Selatan, kita dapat memahami bahwa negara ini adalah pendukung utama Amerika. Negara ini telah banyak menebarkan bantuan kepada Amerika dalam rangka menyebarkan ajaran dan memperkuat Taliban.

Keterlibatan Arab Saudi dan Amerika dari sejak permulaan pembentukan Taliban yang memang diciptakan untuk mencegah pengaruh Rusia kala itu dan menciptakan sebuah generasi beraliran Salafi garis keras, kini sedang beraktifitas secara lebih jelas untuk meruntuhkan pengaruh Rusia di Qafqaz, Asia Tengah, dan melawan Republik Islam Iran.

Di samping membangun masjid, perguruan tinggi, dan pesantren-pesantren, Arab Saudi juga membangun banyak pusat-pusat tabligh yang bertujuan menyebarkan ajaran Wahabiah dan melawan ajaran Syiah secara ideologis. Pusat-pusat tabligh ini, lantaran fasilitas sangat bagus yang dimiliki, menjadi salah satu faktor terpenting dalam menyebarkan ajaran Wahabiah di Pakistan.

Sekarang ini, banyak partai politik dan aliran mazhab di Pakistan yang memberikan dukungan kepada Wahabiah lantaran bantuan-bantuan finansial Arab Saudi. (http://shabestan.net)

BERITA AKTUAL TENTANG SALAFI-WAHABI
KUMPULAN TULISAN TENTANG SALAFI-WAHABI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s