Arab Saudi-Mossad Jalin Kerja Sama Intelijen

Koran Lebanon al-Akhbar baru-baru ini mengeklaim menguak kerja sama rahasia intelijen, antara Arab Saudi dan Israel. Dinas Intelijen Israel (Mossad) secara rahasia mendukung jaringan spionase Arab Saudi untuk meningkatkan perdagangan dengan Israel, tulis al-Akhbar.

“Israel selain memiliki hubungan rahasia dengan Dinas Rahasia Arab Saudi juga aktif berdialog dengan Riyadh. Perundingan ini digelar di kota Nicosia, Siprus,” tulis al-Akhbar yang dilansir Irib, Rabu (7/3).

Tulisan ini seolah-olah mengisyaratkan peran dualisme Arab Saudi di kawasan Timur Tengah. Al-Akhbar juga menulis, bahwa disisi lain, Riyadh juga khawatir eksistensi Israel semakin kuat di kawasan. Dan kemungkinan adanya resistensi AS untuk menguasai pangakalannya di Timur Tengah. Maka Arab Saudi memilih ikut hadir diantara AS dan Israel, untuk mengimbangi ini.

Koran ini juga memuat kontrak senjata antara Arab Saudi dan Israel. “Sejumlah mantan perwira tinggi yang masih aktif di Mossad terlibat dalam penandatanganan kontrak penjualan peralatan keamanan dan intelijen kepada Arab Saudi. Hal ini menunjukkan bahwa isu keamanan dan perdangangan di Israel dan Arab Saudi memiliki kesamaan,” tulis al-Akhbar.

Dunia Islam memang sempat dikecewakan dengan sikap politik regional Arab Saudi yang selalu mengekor semua kebijakan Amerika Serikat (AS). Arab Saudi adalah sekutu kuat AS di Timur Tengah, yang dikenal sebagai pelindung sejati Israel. AS sendiri telah lama memiliki pangkalan militer di Arab Saudi. (REPUBLIKA.CO.ID)

KUMPULAN DOA
BERITA AKTUAL TENTANG SALAFI-WAHABI
KUMPULAN TULISAN TENTANG SALAFI-WAHABI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s