Salafi-Wahabi dan Pembantaian Massal Jamaah Haji Yaman

Pada tahun 1341 H/ 1921 M tentara Wahabi telah membantai rombongan jamaah haji asal Yaman yang sedang menuju Makah tanpa sebab yang jelas. Sekitar 1000 (seribu) orang lebih jamaah haji dihadang di tengah jalan oleh tentara kerajaan Saudi. Sebagaimana lazimnya jamaah haji rombongan ini pun lenggang tanpa membawa senjata tajam. Namun, ketika sampai di lembah Tanumah, mereka dikepung dari arah atas. Semua tewas, kecuali tersisa dua orang saja, itu pun karena kabur melarikan diri. Padahal sebelumnya, kerajaan Saudi telah memberikan jaminan keamanan kepada mereka.

Atas tragedi berdarah tersebut, kerajaan Saudi meminta maaf. Mereka mengklaim bahwa telah terjadi kesalahpahaman, pihak Saudi mengira rombongan haji tersebut adalah jamaah dari Hijaz yang membawa senjata sehingga terjadi bentrokan. Alasan itu tertolak. Karena, membunuh umat Islam atas dasar prasangka (dzan) adalah haram, sebab tidak meyakinkan.

Setelah melakukan penelitian mendalam, para ulama sejarah akhirnya menyatakan bahwa tragedi penyerangan itu memang disengaja. Sebab, tentara Saudi sudah paham betul perbedaan antara rombongan haji dan pasukan tentara pembawa senjata. Apalagi, diyakini bahwa tentara Saudi telah memantau gerak-gerik rombongan haji tersebut dari jarak tertentu. Demikianlah peristiwa tersebut dijelaskan oleh ahli sejarah, Dr. Muhammad Awadh al-Khatib dalam bukunya Shafahat min Tarikh al-Jazirah al-Arabiyah. (DR. Muhammad Awadh Al-Khatib: Shafahat min Tarikh al-Jazirah , hal 198-199)

KUMPULAN DOA
BERITA AKTUAL TENTANG SALAFI-WAHABI
KUMPULAN TULISAN TENTANG SALAFI-WAHABI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s